3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Bagi Anda yang memiliki uang lebih tentu akan memikirkan bagaimana cara mendapatkan passive income atau pemasukan pasif. Passive Income maksudnya adalah bagaimana membuat uang datang kepada Anda tanpa perlu Anda bekerja. Terdengar asyik bukan? Salah satu cara mendapat passive income adalah dengan belajar investasi.

Ya dengan investasi Anda bisa membuat uang yang Anda miliki menjadi lebih banyak tanpa Anda perlu bekerja. Ada berbagai bentuk investasi, ada investasi jangka panjang maupun jangka pendek. Disarankan bagi Anda yang baru di dunia investasi ini untuk mencoba investasi jangka pendek lebih dahulu. Berikut contoh investasi jangka pendek yang dapat Anda coba.

Contoh Investasi Jangka Pendek

1. Menabung di Bank

Investasi pertama dan yang paling mudah yaitu menabung. Menabung adalah tindakan menyisihkan uang yang Anda miliki dalam waktu tertentu dengan tujuan tertentu. Keuntungan menabung sangat banyak, salah satunya Anda dapat mengambil uang tabungan Anda tersebut kapan saja.

Anda dapat menyimpan atau menabung uang dimana saja, mulai dari di celengan yang disimpan dirumah, di koperasi simpan-pinjam, bahkan di bank. Sangat mudah bukan? Sayang jenis investasi satu ini tidak menawarkan banyak keuntungan. Anda hanya akan mendapat suku bunga sebesar 0,10-1% saja untuk tabungan yang Anda tabung dalam bank, baik itu bank minik negara maupun bank swasta.

2. Deposito

Bentuk investasi jangka pendek yang lainnya yaitu Deposito. Jenis investasi satu ini sering disalah artikan sebagai investasi jangka panjang. Ya memang karena yang biasa diketahui masyarakat adalah deposito memakan waktu hingga puluhan tahun. Padahal itu semua tidak benar. Anda dapat memulai deposito bahkan dalam jangka waktu hanya 3 bulan saja.

Waktu yang sangat singkat bukan? Investasi jenis ini menawarkan keuntungan dengan suku bunga mulai dari 4,5%. Anda yang tertarik melakukan investasi jenis ini dapat langsung datang ke bank-bank, baik itu bank milik negara maupun milik swasta. Sama-sama di Bank, bedanya deposito tidak dapat diambil semau Anda. Anda dapat mengambil deposito sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang ditetapkan.

3. Peer to Peer Landing

Investasi online jangka pendek lainya yang kini mulai dilirik masyarakat adalah Peer to Peer Landing atau sering disebut dengan P2P. Mungkin ada beberapa di antara Anda yang masih asing dengan istilah ini. P2P sebenarnya adalah jasa yang mempertemukan antara pihak investor dengan pihak peminjam. Konsep ini mirip dengan marketplace online.

P2P biasanya dikhususkan untuk membantu usaha kecil menengah atau UMK yang membutuhkan suntikan dana.

Pilihlah jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Ingat tidak ada investasi yang tidak beresiko, selektiflah dalam memilih dan percayakan investasi Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.