5 Rekomendasi Mainan untuk Anak Autisme

  • Whatsapp
5-Rekomendasi-Mainan-untuk-Anak-Autisme
Foto dari Canva Pro

Semua orangtua pasti menginginkan hal terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati tercinta, apa pun kondisi mereka. Ya, tidak semua anak lahir dengan kondisi fisik yang sempurna. Saat masa perkembangan tersebut, ada anak-anak yang mengalami masalah seperti keterlambatan berbicara, keterampilan sosial yang terganggu dan lain-lain. Bila anak memiliki kebutuhan khusus, berikan mainan yang bisa mendukung perkembangan anak lebih baik seperti Lego Minifigures.

Jenis mainan untuk mengembangkan kemampuan anak autisme

Autisme bisa mempengaruhi anak yang mengalami kesulitan mengembangkan kemampuan dan keterampilan sosial. Oleh sebab itu, orangtua bisa memilih rekomendasi mainan yang bisa meningkatkan kemampuan sosial mereka lebih optimal. Berikut beberapa rekomendasi mainan yang cocok diberikan untuk anak autism dibawah pengawasan orang tua yaitu :

1. Puzzle

Merupakan permainan yang bisa membantu fungsi kognitif anak berkembang lebih baik sebab otak akan belajar berpikir lebih baik. Bagaimana cara menggabungkan papan puzzle yang baik, memecahkan masalah dalam teka-teki tersebut dan anak akan belajar tidak mudah putus asa menyelesaikan permainan.

2. Set gambar dan mewarnai

Anda bisa mengajarkan anak yang memiliki kebutuhan khusus untuk mengenali warna, melatih kemampuan motorik saat menggambar atau mewarnai dan meningkatkan imajinasi mereka. Kegiatan bermain bersama orangtua bisa meningkatkan kualitas hubungan sekaligus suasana hati anak yang mudah berubah-ubah.

3. Kartu bergambar

Anda bisa membeli jenis mainan kartu bergambar atau flash card untuk merangsang otak si kecil berpikir baik mengenal angka, huruf, jenis benda tertentu, dan lain-lain. Daya ingat anak bisa berkembang lebih baik sehingga anak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas seiring usia mereka. Tidak ada kata menyerah untuk melatih dan mengembangkan kemampuan si kecil berkebutuhan khusus, bukan?

4. Bermain plastisin

Plastisin bisa menjadi media yang mendukung kreativitas anak dalam membentuk sebuah benda. Warna plastisin yang beragam bisa meningkatkan suasana hati anak menjadi lebih gembira saat membentuk media yang bertekstur lembut ini. Anak akan memiliki kreativitas dan imajinasi tanpa batas bila Anda membelikan set plastisin dari bahan yang berkualitas. Tingkat konsentrasi anak bisa meningkat seiring membentuk plastisin menjadi benda yang disukai mereka.

Pastikan memilih material plastisin yang berstandar SNI sehingga terbuat dari material terbaik tanpa mengandung bahan kimia yang membahayakan kesehatan si kecil, ya!

5. Lego

Lego Minifigures bisa menjadi media bermain yang edukatif sebab anak bisa mencoba kemampuan komunikasi dengan karakter figur dari lego tersebut. Anda perlu mendampingi anak bermain peran dengan figur-figur terkenal. Sedangkan lego berbentuk bricks bisa juga menjadi pilihan bermain sebab anak akan belajar menyusun balok membentuk bangunan, benda atau lego tematik lain.

Manfaat bermain lego bisa merangsang kreativitas dan imajinasi anak dalam membuat konstruksi bangunan. Tidak hanya sekadar menghibur, tapi anak bisa berkembang menjadi pribadi yang berpikir analitis dan sistematis. Anda bisa mengajak anak bermain bersama atau mengawasi si kecil saat bermain lego bersama saudara atau teman sebaya mereka di rumah saja.

Sekarang Anda bisa mulai membeli permainan yang direkomendasikan untuk anak penyandang kebutuhan khusus. Meski susah-susah gampang, tetapi memberikan upaya membangun kepribadian dan perkembangan mereka lebih baik dengan media mainan, kenapa tidak? Beli produk Lego Minifigures atau jenis permainan yang mengasah otak dan kemampuan gerak mereka di toko online terpercaya dengan harga kompetitif. Yuk, kembangkan kemampuan dan keterampilan sosial anak dengan mainan yang aman!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *