Info SehatQ Seputar 5 Tips Memilih Kacamata Anti Radiasi

  • Whatsapp
Info-SehatQ-Seputar-5-Tips-Memilih-Kacamata-Anti-Radiasi
Foto dari Canva Pro

Berhadapan dengan layar gadget atau komputer setiap hari seringkali membuat mata rentan mengalami masalah. Mulai dari mata merah, mata kering, terasa perih, hingga terjadi iritasi berat. Kacamata anti radiasi menjadi salah satu penolong yang bisa membantu mata terlindungi selama beraktivitas di depan gawai.

Tips Memilih Kacamata

Penggunaan kacamata ini akan sangat menolong bagi Anda yang sering berhadapan dengan layar gawai. Jika profesi Anda memang menuntut untuk bekerja di depan layar, maka pastikan Anda memakai pelindung mata yang tepat. Berikut adalah 5 tips pemilihan kacamata pelindung radiasi yang tepat:

1. Cek Kemampuan Perlindungan

Setiap produk kacamata akan menawarkan kemampuan perlindungan yang kekuatannya berbeda-beda. Saat memilih kacamata yang tepat, perhatikan dulu seperti apa kemampuan perlindungannya. Baca detail produk dan cari tahu seberapa banyak persentase sinar ultraviolet yang bisa dihalau oleh kacamata tersebut.

Jika Anda membutuhkan perlindungan dari pancaran radiasi ultraviolet, maka gunakan kacamata dengan perlindungan 99% atau 100%. Semakin tinggi kemampuan perlindungan yang diberikan tentu akan semakin baik. Cek juga apakah sudah ada lensa tambahan yang meningkatkan efektivitas perlindungan atau belum.

2. Pilih Ukuran yang Besar

Sebaiknya pilih ukuran kacamata yang besar. Kacamata dengan ukuran lensa dan bingkai yang kecil akan membuat efektivitas perlindungan menurun. Semakin besar risiko bagi Anda untuk terpapar radiasi. Akan jauh lebih baik ukuran bingkai dan lensa besar sehingga lebih efektif melindungi area mata. Namun tetap sesuaikan juga dengan ukuran wajah agar kacamata tetap terasa nyaman digunakan.

3. Pilih Desain Lensa yang Tepat

Perhatikan desain lensa yang dibawa oleh kacamata tersebut. Desain lensa yang tepat tentu akan membuat mata merasa lebih nyaman dan betah menggunakan kacamata. Sebaliknya, jika desain lensa tidak sesuai maka kenyamanan mata Anda juga akan menjadi taruhannya. Jika memungkinkan akan jauh lebih baik untuk mencoba langsung lensa yang akan Anda gunakan.

Bentuk serta desain lensa yang berkualitas akan memberi perlindungan yang optimal bagi Anda. Jika Anda melakukan pembelian secara online, maka tanyakan detail desain lensa dari kacamata anti radiasi yang akan dibeli. Pastikan juga kualitas lensa awet untuk digunakan dalam jangka panjang.

4. Gunakan Bingkai yang Nyaman

Poin penting yang harus begitu diperhatikan saat membeli kacamata adalah desain bingkainya. Anda tentu membutuhkan kacamata yang terasa nyaman saat digunakan. Apalagi jika Anda akan sering menggunakan kacamata tersebut untuk bekerja maupun beraktivitas. Pastikan bahwa bingkai kacamata memiliki desain nyaman dan cocok dengan bentuk wajah Anda.

Agar terus bersemangat memakai kacamata ini sebagai perlindungan, maka pilihlah desain bingkai kacamata yang stylish. Gunakan bingkai kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah sehingga akan membuat lebih percaya diri. Kenyamanan juga harus diutamakan agar Anda betah mengenakan kacamata setiap hari.

5. Pilih Lensa Polarized

Lebih disarankan bagi Anda untuk memilih kacamata dengan lensa yang terpolarisasi atau polarized. Kacamata jenis ini memiliki bahan kimia khusus yang berfungsi membatasi intensitas cahaya yang masuk ke mata. Jenis lensa terpolarisasi juga akan sangat membantu mengurangi efek silau saat ada pantulan cahaya mengenai mata. Pilihlah kacamata anti sinar UV yang sudah dikombinasikan dengan lensa polarized.

Itulah tadi 5 tips memilih kacamata pelindung radiasi. Pastikan Anda teliti saat akan membeli kacamata ini. Dapatkan informasi lebih jauh mengenai review pemakaian kacamata ini lewat SehatQ. SehatQ akan memberikan informasi lengkap seputar pemakaian kacamata juga kesehatan mata. Bahkan Anda juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter profesional lewat layanan ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *